Real Madrid Jadi ‘Klub Dengan Merek Terbaik’ di Tahun 2021 – Berita Bola Terbaru, Prediksi Skor

  • Whatsapp


Real Madrid menduduki puncak daftar ‘Brand Finance 2021’ sebagai merek klub sepak bola paling berharga di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Meskipun mengalami penurunan 10% dalam nilai mereknya, raksasa Spanyol itu memimpin peringkat dunia dengan penilaian 1,27 miliar euro, mengungguli Barcelona yang bernilai 1,26 miliar euro.

“Real Madrid secara konsisten mampu mengamankan kualifikasi Liga Champions tahun demi tahun,” kata laporan itu. “Masuknya pendapatan dan status Liga Champions secara konsisten ini memainkan peran sentral dalam kesuksesan klub secara keseluruhan.”

Enam dari 10 klub peringkat teratas dalam laporan Football 50 2021 adalah klub Premier League. Manchester United berada di peringkat ketiga dan merupakan klub merek paling berharga di Inggris dengan 1,13 miliar euro, hanya 1% lebih tinggi dalam nilai merek daripada Manchester City (1,19 miliar euro), yang secara keseluruhan berada di urutan keempat.

United mengalami penurunan nilai merek sebesar 14% tahun ini.

Proyek European Super League yang gagal berdampak negatif pada kekuatan merek dari 12 klub pendiri, delapan di antaranya berada di 10 besar dalam daftar. Kontroversi ESL menjatuhkan 600 juta euro dari nilai merek.

Sembilan dari 12 klub European Super League telah secara resmi meninggalkan liga yang memisahkan diri dan berkomitmen untuk kompetisi Eropa yang ada, tetapi mereka harus menyerahkan 5% dari pendapatan UEFA untuk satu musim.

Real Madrid, Barcelona dan Juventus telah menolak untuk menyetujui ‘langkah-langkah reintegrasi’ dan akan dirujuk ke badan disiplin UEFA untuk mendapatkan sanksi.

“Asal dan matinya European Super League adalah kisah tentang branding,” kata kepala olahraga Brand Finance, Hugo Hensley.

“Ke-12 klub menganggap merek mereka terlalu kuat dan menarik untuk diberi sanksi oleh asosiasi lain, dan di atas piramida sepak bola yang memvalidasi kesuksesan mereka.

“Namun, komunikasi, promosi, dan posisi proyek dijalankan dengan buruk, memicu reaksi dari semua pemangku kepentingan yang menyebabkan pembubaran grup, dan mengakibatkan kerusakan merek yang menyakitkan.”

Bayern Munich (1,06 miliar euro), yang tidak ambil bagian dalam ESL, naik ke posisi kelima dan diberi skor kekuatan merek 91,9 dari 100.

Dampak buruk Covid-19 telah menyebabkan penurunan nilai merek secara keseluruhan sebesar 11,2% dari 50 merek klub teratas tahun ini sehubungan dengan penurunan 2,2% tahun lalu.

10 merek klub sepak bola paling berharga

  1. Real Madrid (1,27 miliar euro)
  2. Barcelona (1,26 miliar euro)
  3. Manchester United (1,13 miliar euro)
  4. Manchester City (1,19 miliar euro)
  5. Bayern Munich (1,17 miliar euro)
  6. Liverpool (973 juta euro)
  7. Paris Saint-Germain (887 juta euro)
  8. Chelsea (769 juta euro)
  9. Tottenham Hotspur (723 juta euro)
  10. Arsenal (675 juta euro)





GOAL.MY.ID

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *